10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Written by Wiro on June 16, 2020 in Beberapa langkah untuk membuat anak anteng with no comments.

Tetapi coba letakkan sebutir nasi di tangan atau dekat dengan mulutnya maka dia akan memungut dan memakannya sendiri. Untuk mengatasi hal ini cobalah saat jam makan alihkan perhatian anak pada hal-hal yang ia suka. Cara lain variasikan metode pemberian makan pada anak, misalnya jika biasanya Anda menggunakan sendok cobalah memakai tangan langsung tanpa sendok. Suatu saat, dengan ajak mengobrol si Kecil dengan santai dan tanyakan mengenai keluhan atau apapun yang ia rasakan. Siapkan tema perkenalan mengenai pentingnya asupan seimbang berupa nutrisi dan juga gizi, salah satunya adalah karbohidrat yang bersumber dari nasi. Dengan penjelasan seperti ini, si Kecil akan memahami betapa pentingnya asupan karbohidrat untuk tumbuh dan kembanganya.

Ketika anak-anak menolak untuk makan, para ibu tentu akan mencoba berbagai cara membujuk mereka untuk makan dengan cara yang berbeda. Anak-anak, terutama yang masih kecil, dapat mengalami perubahan besar dalam nafsu makan mereka selama sehari atau bahkan selama berhari-hari hingga berminggu-minggu. Meskipun sekilas hal ini tampak seperti cara yang efektif untuk membuat mereka diam dan sibuk, lebih baik batasi penggunaan perangkat elektronik dan gangguan lain saat makan. Dengan fokus pada makanan dan percakapan, mudah bagi anak Anda untuk makan dengan tenang dan lahap. Namun bukankah sayang jika makanan malah terbuang karena dia tidak mau makan. Membuatnya dengan bentuk yang berbeda, entah itu bentuk hewan maupun bentuk bunga.

Moms jangan khawatir, kini Moms bisa belanja on-line setiap perlengkapan kehamilan, perlengkapan menyusui hingga perlengkapan untuk child nanti nya hanya di toko on-line MOOIMOM. Anak-anak perlu makan setiap tiga sampai empat jam sekali, yakni tiga kali makan, dua kali makanan ringan, dan minum banyak cairan. Jika Bunda menjadwalkan anak untuk makan, pola makan anak akan jauh lebih seimbang dan akan menjadi tidak rewel, karena buah hati Anda tidak kelaparan. Untuk cara mengatasi anak susah makan, maka kuncinya ada pada orang tua yang harus bersabar. Terus berikan makanan yang dibuat dengan berbagai cara, misalnya dikukus, dipanggang, digoreng, atau disajikan dalam semur, sup, dan saus. Siapa tahu cara mengatasi anak susah makan hanyalah semudah menganti variasi cara memasak saja.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

7.Cara Mengatasi Anak susah nafsu makan– Sajikan makanan dengan menarik jangan dicampur aduk antar nasi dan lauknya. Penyajian menarik bisa dengan piring makan yang ia sukai kemudian pisahkan antara nasi dengan lauk pauknya sehingga tampak menarik dan mengundang selera makan anak . Atau bisa juga dengan menghias makanan yang kita sajikan misal diberi potongan sayuran, mentimun, tomat, dengan bentuk yang menarik perhatiannya.

Moms diharuskan untuk lebih sabar menghadapi anak yang susah makan. Memang fase makanan pendamping ASI merupakan fase yang sangat menguras kesabaran dibandingkan fase lain seperti menyusui. Memiliki anak yang lucu menggemaskan dan aktif berprestasi tentu menjadi keinginan setiap orang tua. Salah satu hal yang perlu mendapatkan ekstra perhatian adalah memastikan asupan makanan bergizi untuk anak-anak. Makanan juga hendaknya disesuaikan dengan motorik oral anak dan jangan terlalu membantu anak saat makan.

Orang tua dapat memberi contoh dengan memakan makanan tersebut terlebih dahulu dan menunggu hingga anak penasaran untuk mencicipi. Banyak sekali kegiatan-kegiatan seru yang bisa melibatkan aktivitas makan, seperti bermain masak-masakan atau melibatkan anak untuk mempersiapkan makan bersama. Ibu dapat memberi contoh dengan memakan makanan tersebut dahulu dan menunggu hingga anak penasaran untuk mencicipi.

Tanpa disadari, bayi bisa saja merasa lelah karena harus melakukan aktivitas makan yang monoton. Oleh karena itu, ambil jeda sebentar dan suapi bayi kembali dengan telaten saat ia terlihat sudah tenang. Tempatkan bayi dalam posisi duduk yang nyaman dengan kepala yang tegak. Sebaliknya, hindari memberi makan bayi dalam kondisi berbaring. Momen makan bersama ini juga menjadi ajang untuk Anda mengedukasi si kecil tentang makanan apa yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Perlu diingat bahwa anak memerlukan jadwal makan yang benar, yaitu tiga kali jadwal makan utama dan dua kali jadwal makan tambahan.

Tak harus dari bahan-bahan yang mahal atau menu yang sulit, Anda bisa kok membuat resep lezat untuk anak susah makan dari bahan-bahan yang sederhana. Well, mungkin penyebab ini yang paling tidak perlu dijelaskan, karena Mama juga pasti pernah mengalaminya. Rasa tak nyaman ketika tumbuh gigi membuat nafsu makannya menurun dan menyebabkan susah makan. Nah, perlu orang trus ingat kalau fase ini memang umum terjadi pada anak-anak.

Oleh karena itu, menggunakan totebag berbahan kain saat berbelanja atau membawa tumbler saat bepergian akan turut menurunkan jumlah sampah plastik yang beredar. Selain itu, membawa makanan bekal sendiri juga akan membiasakan gaya hidup sehat. Bila si kecil tidak dapat menghabiskan makanannya, jangan terburu memarahi. Biasanya, anak yang tidak menyukai jenis makanan tertentu akan langsung menolak bila melihat wujud asli maupun mengetahui makanan tersebut. Memaksa anak untuk makan apa yang sedang tidak ia inginkan di waktu yang tidak tepat adalah hal yang tidak baik. Jika dipaksakan sang anak bisa memberontak dan semakin malas untuk makan.

Comments are closed.