9 Cara Bikin Anak Cepat Tidur, Orang Tua Harus Tahu

Written by Wiro on June 14, 2020 in Beberapa langkah untuk membuat anak anteng with no comments.

Dilansir dari Medical News Today, salah satu manfaat tidur adalah meningkatkan kognisi, produktivitas dan konsentrasi seseorang. Sodorkan buku mewarnai setelah anak cuci kaki, menggosok gigi, dan mengenakan baju tidur. Kegiatan ini dapat menenangkan anak untuk membentuk rutinitas tidurnya. Hindari menonton televisi atau bermain gadget sebelum tidur.

Mengutip Alaskasleep dan Parents, Bunda bisa lho coba beberapa tips dan trik berikut ini untuk membuat anak tidur cepat dan tepat di malam hari. Cara menidurkan bayi agar mudah terlelah yaitu dengan memakaikan pakaian dengan bahan yang tepat. Pakaian berbahan katun biasanya mudah menyerap keringat sehingga bayi nggak sering merasa gerah dan membuatnya tidur nyenyak dan lelap. Cara menidurkan bayi yang tepat agar si Kecil tetap terlelap nyenyak sepanjang malam tentu menjadi dambaan semua orangtua. Pasalnya, hal ini juga membantu kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari. Banyak orang tua merasa khawatir ketika membiarkan anaknya tidur seorang diri.

Hindari juga menonton televisi dan bermain video games, hal ini agar mata anak tidak terpaku terus menerus pada layar. Sebaiknya diganti dengan membacakan buku cerita guna membuat anak lebih tenang, sekaligus mengenalkan kosa kata baru padanya. Tidur terlalu larut atau begadang memang tidak baik dilakukan, ini berlaku bagi orang dewasa atau pun anak-anak. Tetapi energi anak yang begitu besar seringkali membuatnya susah tertidur di malam hari.

Waktu makan malam bayi yang tepat adalah 30 menit sebelum waktu tidur. Jika si kecil mulai mengonsumsi makanan padat, selalu perhatikan jenis makanannya. Ikuti panduan berikut untuk memilih MPASI terbaik untuk bayi.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Suara-suara alami seperti suara deburan ombak, embusan angin, atau rintik air hujan juga sangat efektif mendatangkan kantuk. Orang tua harus memastikan si buah hati telah diberi makanan bergizi setiap saat, terutama sebelum waktu tidurnya. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa Anda perlu memberi mereka makan berlebih di luar kemampuannya. Beri bayi makan secukupnya agar sesuai dengan rasa laparnya.

Dan begitu datang malam, matikan semua sumber suara saat masuk jam tidur. Terapkan rutinitas ini setiap hari untuk membentuk pola tidur yang teratur. Itulah mengapa, sebagai orang tua hendaknya tidak memberikan perhatian.

Dari semua langkah untuk membuat si kecil cepat tertidur adalah jangan lupa untuk selalu menciptakan suasana kamar yang nyaman. Banyak orang mengkonsumsi melatonin untuk menyesuaikan jam inside tubuh khususnya membantu tubuh menentukan irama sirkadian . Contohnya seperti bercerita bersama, membaca buku, menyikat gigi dan hal berguna lainnya. Pastikan rutinitas tersebut rutin si kecil lakukan tiap sebelum tidur. Usahakan tempat tidur bayi terbebas dari selimut, dot, mainan, atau barang – barang lain yang dapat mengganggunya saat tidur. Jika si kecil berusia kurang dari 6 bulan, biasakan untuk mengakkan bdan dan menepuk lembut punggungnya agar bersendawa setelah menyusu.

Jika si Kecil tidak banyak bergerak, artinya tidurnya sudah cukup lelap dan nyaman, Bu. Jika sebaliknya, maka tidurnya bisa dikatakan belum berkualitas. Saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda ini, inilah waktu yang tepat untuk mengajaknya tidur siang. Apabila selesai beraktivitas, jangan lupa untuk mengganti baju dan mencuci tangan anak, ya. Tujuannya agar anak dalam keadaan bersih dan dapat tidur dengan nyaman dan tenang.

Comments are closed.