Anak Susah Makan? Ini Tips Cerdas Untuk Mengatasinya

Written by Wiro on October 21, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Sementara mbok penjual jamu sudah bersiap untuk menjejalkan ramuan jamu yang sudah diracik dan dibungkus kain ke dalam mulut anak. Dorong anak untuk makan secara mandiri dan biarkan anak menggunakan sendok sendiri. Hindari segala jenis gangguan yang dapat mengalihkan perhatian anak dari makan seperti menonton televisi, permainan, ponsel, mainan, buku, atau keramaian. Ikatan Dokter Anak Indonesia menambahkan untuk mengajak anak makan bersama di meja dan makan secara mandiri. Upaya itu dapat meningkatkan ketertarikan anak untuk makan mengingat bahwa anak kecil adalah peniru yang sangat handal.

Atau ada masalah psikologis yang membuat sang anak menjadi sulit makan. Anak yang sukar sekali untuk makan menjadi problematika tersendiri bagi para orang tua. Lingkungan menyenangkan yang dimaksudkan yaitu tidak memaksa anak untuk makan.

Hubungan umum antara kebiasaan makan dan usus ini sering terlewat oleh orangtua. Jika si kecil mengalami buang air besar yang tidak teratur atau mengalami kesulitan saat ingin buang air besar, ia akan segera menarik diri dari makan. Ini merusak nafsu makan mereka dan juga mengganggu pikiran mereka untuk fokus pada makanan. Penting bagi para orangtua untuk mencatat poin-poin ini dan memahami alasan sebenarnya mengapa anak tidak mau makan, alih-alih memberi makan secara paksa. Jika anak masih menolak untuk makan bahkan setelah mempertimbangkan berbagai hal di atas, mungkin ada beberapa penyabab lain di baliknya.

Karena, jika dipaksa justru makanan tersebut akan dimuntahkan. Setelah mengetahui faktor penyebab sekaligus bentuk kesulitan makan si kecil, apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Pada usia 1 tahun ke atas biasanya anak mulai punya ego, hanya makan yang dia mau, sehingga meskipun sudah jam makan dan kita memaksa menyuap, anak tetap tidak mau.

Selain memperkenalkan jenis-jenis makanan, kenalkan pula manfaat yang terkandung saat Si Kecil rutin memakannya. Moms dapat menarik perhatian anak dengan menghubungkan cita-cita anak atau hal yang dikaguminya dengan manfaat makanan yang sedang dikonsumsi. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan analysis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya. Secara alami anak-anak akan phobia terhadap amkanan tertentu. Hal ini karena anak belum terbiasa dan baru menganl bahan makan yang mereka makan.

Sebab itu, buat skala prioritas untuk pekerjaan rumah, delegasi pekerjaan rumah, serta aktivitas lainnya menjadi hal yang patut dicermati. Jika Anda menghadapi situasi anak GTM, psikolog Carmelia Riyadhni memberikan beberapa ideas untuk orang tua, dari siaran pers yang diterima Tempo.co, Rabu four Maret 2020. Cara lain yang juga bisa orangtua lakukan adalah dengan merayu anak untuk makan sambil bermain. Orang tua terpaksa harus ikut anak bermain sambil menyuapinya. Stres bisa terjadi pada semua orang tanpa mengenal status, jenis kelamin dan batas usia.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Sebagai contoh, Anda bisa menyajikan makanan untuk si kecil dalam bentuk mini pancake, bola-bola kentang goreng, serta beberapa jenis makanan lainnya yang kaya akan nutrisi. Ketika si kecil melihat orangtua dan anggota keluarga lainnya makan secara bersamaan, maka si kecil juga akan tertarik untuk menyantap makanan yang dimilikinya. Namun jika si kecil tetap menolak untuk menyantap makanannya, maka Anda bisa meminta si kecil untuk tetap duduk di ruangan tersebut hingga semuanya selesai makan. Nah, cara membujuk anak agar makan merupakan tantangan yang cukup sulit. Parents akan mendapatkan berbagai macam perlawanan ataupun penolakan dari anak yang biasanya di ikuti dengan tangisan yang bisa membuat Anda merasa frustasi. Dan tentunya Anda akan di tuntut untuk lebih ekstra sabar serta tidak mudah untuk terpancing emosi dengan tingkah pola si kecil.

Aktivitas seperti ini dapat membantu mendorong perkembangan positif dari perilaku makan anak. Setelah itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk membantu menyiapkan makanan di meja makan. Ajak anak untuk membantu Anda belanja dan biarkan ia memilih makanan yang ia inginkan. Jika selama ini Anda terbiasa dengan memberikan anak makan dengan tampilan biasa, kini coba cara lain untuk menyajikan makanan.

Namun upayakan agar Anda menghindari hal-hal yang sifatnya memaksa anak untuk makan. Tak perlu marah-marah, sebel hingga memaksa, begini cara yang tepat untuk mengatasi anak balita yang susah maupun mogok makan. Sudah menjadi keinginan setiap orang tua anak-anaknya tumbuh sehat dan regular, dan karena itu asupan gizi perlu diperhatikan dengan memberikan makan. Namun, banyak orang tua yang berekspetasi terlalu berlebihan dalam pemberian makan ini. Demi bisa tumbuh sehat dan normal, orang tua memberikan jumlah makanan yang tidak wajar kepada anak-anak yang tentu saja mereka bisa belum bisa 100 percent mengunyah.

Comments are closed.