Balita Susah Makan? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Written by Wiro on October 21, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Asep mengatakan bahwa orang tua sebaiknya tidak memberikan makanan-makanan ringan yang tidak baik untuk masa pertumbuhannya. Tapi makanan seperti ini dapat menyebabkan sang anak malah menolak makanan pokoknya,” kata Asep. Cara terburuk untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan memaksanya agar mau makan.

Saat anak susah makan dalam kondisi yang akut atau benar-benar menolak semua makanan, Ibu bisa mengakalinya dengan memberikan susu bubuk. Susu tambahan ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang. Meski rasanya segar dan enak, tapi susu semacam ini kurang memiliki nilai gizi.

Ingatlah bahwa ternyata 30 persen anak-anak melalui fase tidak menginginkan makanan apapun. Banayak alasan seperti gigi tumbuh, perut tidak enak, hingga tidak suka dengan menu yang dihidangkan. Biasakan waktu makan si kecil dan sajikan makanan dalam porsi yang lebih kecil.

Biasanya saat pengobatan selesai dan kondisi kesehatannya membaik, nafsu makannya akan pulih kembali. Selain kondisi nafsu makannya yang bisa memburuk, masalah pencernaan lainnya bisa terjadi seperti peradangan, disentri, hingga perdarahan usus. Biasanya berat badan si kecil pun sulit naik atau turun drastis saat mengalaminya. Setelah melewati usia 6 bulan, kebutuhan ASI tentu saja tidak akan cukup.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Komunikasi itu bisa menghindari dari suasana jenuh ketika memakan makanan. Dengan begitu, otot motorik si kecil akan terbentuk dan ia bebas bereksplorasi dengan makanannya. Menurut Rini Hildayani MSi, Psychologist, seorang psikolog anak, bahwa hindari untuk mengajak anak jalan-jalan, nonton TV, atau bermain gadget ketika makan. Memang dalam praktiknya cara ini lumayan ampuh, anak bahkan bisa lahap untuk menyantap masakan ibu. Atur waktu makan anak Anda dengan teratur agar ia terbiasa makan bila sudah tiba waktunya. Gunakan alat makan yang menarik sesuai dengan karakter kesukaan anak, sehingga anak akan tertarik pada alat makan tersebut dan mau makan menggunakan alat makan tersebut.

Seperti misalnya ia sering tersedak atau kesulitan menelan atau mengunyah makanan tertentu setiap kali makan. Meskipun hal ini tidak umum, namun ini bisa menjadi petunjuk bahwa anak Anda memiliki alasan mengapa ia menolak makan. Jangan memberikan minuman ataupun camilan terlalu dekat dengan jadwal makan Si Kecil karena ini akan membuatnya merasa kenyang sehingga malas makan. Selain itu, ketika Si Kecil terlalu lelah, ia mungkin akan menolak untuk makan makanan berat dan memilih tidur. Bila kondisi demikian, Bunda sebaiknya tetap tak melewatkan jadwal makannya. Bunda bisa memberikan makanan kecil sebelum Si Kecil tidur.

Hal yang bisa dilakukan oleh ibu adalah biarkan anak mengambil dan memilih sendiri menu makanan yang disukainya di meja makan. Jika ibu yang memilihkan, anak akan cenderung menolak untuk memakannya. Saat hamil pun ibu akan merasakan jenuh jika disajikan dengan makanan sehat untuk ibu hamil yang yang itu-itu saja, apalagi dengan anak kecil. Anak kecil pun akan merasakan jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Ibu dituntut untuk bisa menyajikan menu yang berbeda setiap harinya.

Untuk itu, sebaiknya Anda membatasinya minum susu atau jus mendekati jam makan. Pada usia satu tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal. Termasuk ketika anak 1 tahun susah makan, mereka sedang mempraktikkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara mandiri. Mustahil rasanya memprediksi atau berharap anak untuk makan tanpa melewati susah makan. Bahkan, anak 1 tahun susah makan adalah salah satu fase yang hampir pasti dialami setiap orangtua.

Saat Anda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu method harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. ASI adalah terbaik bagi buah hati, Bebeclub sangat mendukung pemberian ASI.

Untuk mencegahnya, saat makan usahakan agar mematikan semua benda elektronik yang membuatnya hilang konsentrasi untuk makan. Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh setiap individu baik dewasa maupun anak-anak untuk menghasilkan energi serta memenuhi kebutuhan gizi. Biasanya, perilaku anak akan bergantung pada perilaku orang tua. Bahkan, dapat dikatakan bahwa anak merupakan peniru yang cukup andal terhadap tindakan orang-orang disekelilingnya. Sekali-kali, ajaklah anak untuk berbelanja bahan-bahan dan biarkan mereka memilih makanan yang diinginkan. Pertama, jangan pernah memaksa anak untuk melahap makanan yang dihidangkan.

Comments are closed.