Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

Written by Wiro on June 19, 2020 in Beberapa langkah untuk membuat anak anteng with no comments.

Kelompok yang beristirahat dengan cukup menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang kurang beristirahat. Saraf motorik yang lemah akan membuat tubuh cepat tumbang dan susah berfokus. Menurut National Sleep Foundation, mengurangi jam beristirahat sebanyak 1-2 jam efek sampingnya sama dengan tidak tidur selama 2 hari. Manfaat tidur kali ini baik untuk anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kurangi lemak serta junkfood dan perbanyak memakan sayur dan juga buah. Zat tersebut sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya jangan ditiru, ya Ma, karena hal itu malah akan membuat Mama kerepotan menghadapi balita yang jadi cranky atau rewel saat memasuki jam tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan boksnya. Anda bisa meletakkan boks di dalam kamar tidur, di samping ranjang orang tua atau di kamar tersendiri.

Selain membantu tumbuh kembang fisik si Kecil, tidur berkualitas di malam hari juga membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya. Sebab, sewaktu si Kecil tertidur nyenyak, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuhnya dengan lebih maksimal. Jakarta – Tidur siang tidak hanya menyegarkan kondisi tubuh anak, mereka juga akan mendapatkan siklus tidur malam hari yang baik. Masalahnya banyak anak dan balita yang menolak untuk tidur siang.

Jika anak masih menggunakan popok, gunakan popok yang biasa dikenakan pada malam hari, agar basah tidak mengurangi kualitas tidurnya. Rapikan baju yang dikenakan anak, untuk membuatnya siap untuk tidur. Selain itu, kekurangan tidur membuat anak tidak mampu terlibat dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan memberikan minuman hangat, maka suhu tubuhnya akan meningkat dan menjadi lebih nyaman untuk tidur.

Matikan lampu atau redupkan penerangan di dalam kamar, serta hindari semua hal yang bisa mengganggu kenyamanan tidur. “Namun, ini sepertinya lebih mengarah ke diary atau an ode to motherhood, “ ucap ibu dari Zalina Raine Wyllie sebelum memulai sesi pembacaan tulisannya. Tidur siang terlalu lama merupakan penyebab susah tidur yang umum. Jika waktu tidur tidak tercukupi, hormon leptin bisa berkurang drastis dan kita pun akan merasa cepat di siang harinya. Pasalnya, hormon yang dikeluarkan tubuh ketika tidur juga bisa membantu organ reproduksi lebih subur.

Cara agar anak mau tidur siang

Saat mengalami kesulitan dalam mengajak balita untuk tidur siang, trik jitu tadi bisa Moms coba. Supaya anak nggak major seharian dan jam tidurnya jadi berantakan. Beri pijatan lembut dan ringan pada buah hati selama 15 menit agar ia tertidur lebih cepat.

Bayi baru lahir tentu akan lebih banyak tidur di awal kehidupannya. Saat ia lahir, bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi pola tidur bayi biasanya akan mulai terlihat setelah beberapa minggu. Ketika anak terbangun di malam hari, hindari untuk memenuhi atau menyetujui permintaannya. Ketika ia mengajak Anda bermain dan Anda menyetujuinya, anak akan terbiasa dan terus menerus mengulanginya.

Comments are closed.