Mengajar Anak Bangun Pagi, Menanamkan Disiplin Sejak Dini

Written by Wiro on June 25, 2020 in Beberapa langkah untuk membuat anak anteng with no comments.

Sebab, bayi prematur memiliki kebutuhan nutrisi yang spesial. Bayi prematur juga tidak selalu menunjukkan tanda-tanda kelaparan, sampai ia tumbuh lebih besar. Mematikan lampu bisa membuat bayi terbangun dan membuka matanya, sehingga siap untuk disusui. Bayi Anda harus tidur di kamar yang sama dengan Anda, tetapi tidak di ranjang yang sama dengan Anda. Pertahankan aktivitas yang sama dan urutan yang sama, malam demi malam. Moms dapat memerah sedikit ASI, lalu teteskan atau oleskan ke bibir Si Kecil.

Cara agar anak tidak susah bangun

Bila anak menjadi rewel dan susah dibangunkan saat sahur, kondisi ini bisa menyebabkan suasana hati alias mood-nya menjadi rusak. Gunakan alarm ini sebagai senjata andalan agar anak Anda mudah bangun pagi dan cepat berangkat ke sekolah. Letakkan jam weker ini di dekat tempat tidur atau tepat di sebelah anak Anda.

Biasanya alarm menjadi senjata andalan buat membangunkan kita dari tidur. Jadi kenapa tidak gunakan alat ini juga untuk membangunkan si kecil. Mungkin terdengar klise, tetapi usahakan untuk tetap ceria di pagi hari.

Jelaskan kepada si kecil bahwa imunisasi diperlukan agar ia tetap sehat. Ia mungkin akan merasa sedikit sakit saat disuntik, tapi tidak akan berlangsung lama. Jangan menakut-nakuti si kecil, tapi jangan pula mengatakan disuntik tidak sakit sama sekali. Setelah imunisasi pertamanya, anak akan mendapatkan buku/kartu imunisasi sebagai catatan khusus untuk imunisasi yang telah ia dapatkan serta yang masih perlu didapatkan. Dokter atau bidan akan memeriksa catatan untuk mengetahui riwayat imunisasi si kecil dan kapan imunisasi terakhir.

Meski begitu, bukan berarti anak di bawah usia itu tak bisa beradaptasi. “Anak-anak bisa dilatih sejak TK sehingga pada usia SD mereka bisa beradaptasi, termasuk saat harus bangun pagi untuk bersekolah,” ungkapnya. Jika situasi ini terjadi di rumah Moms setiap hari, sudah saatnya Moms menerapkan empat trik jitu berikut ini untuk membangunkan anak di pagi hari.

Oleh karena itu, agar anak lebih segar di pagi hari, ajaklah anak berolahraga kecil saat bangun tidur. Membuat gerakan senam kecil untuk menyegarkan badan juga dapat dilakukan. Olahraga kecil ini cukup dilakukan selama lima menit untuk menghilangkan rasa kantuk dan menyegarkan badan. Bangun di pagi hari memang terkadang menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika nada alarm yang cukup menganggu dan merusak mood pada pagi hari. Agar anak dapat lebih mudah dan ceria saat bangun pagi, tidak ada salahnya jika anda memakai alarm dengan nada yang unik.

Nah, itulah empat cara yang dapat Anda lakukan di rumah dalam menghadapi anak yang susah bangun saat sahur. Namun, bila dari empat hal tersebut tak ada yang ampuh dan si kecil sulit dibangunkan, jangan pernah memaksanya, ya! Apalagi, jika ia masih balita yang dalam Islam pun belum diwajibkan untuk berpuasa.

Comments are closed.