Mengapa Anak-anak Susah Untuk Makan

Written by Wiro on October 22, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Karena anak benar-benar tidak mau mengunyah makanannya, bahkan memuntahkannya kembali. Walhasil, feses menjadi sangat keras dan kering sehingga susah bergerak. Tatkala mencapai rektum, sebagian besar air di usus besar sudah terserap dan feses sulit keluar. Anak akan merasa kesakitan ketika hendak mengeluarkan feses dan tidak nyaman beraktivitas. Kalimat di atas mungkin sering kita dengan ketika terjadi percakapan antara ibu dan anak saat waktu makan tiba. Jadi, Moms tidak perlu memaksa mereka menghabiskannya dengan porsi besar.

Faktor menyenangkan dalam makan bersama keluarga akan membantu mengatasi masalah anak susah makan. Jika anak Anda mengalami buang air besar tidak teratur atau sembelit, pasti dampaknya jadi susah makan. Maka Anda harus mencoba mengatur pola makannya dengan benar. Beberapa banyak kasus jika anak mengalami hal ini, ibu tetap memaksakan anaknya untuk makan. AnggunPaud – Banyaknya jenis makanan cepat saji dan beraneka ragam rasanya, membuat anak – anak tidak mau makan.

Orang tua dapat memberi contoh dengan memakan makanan tersebut terlebih dahulu dan menunggu hingga anak penasaran untuk mencicipi. Ibu dapat memberi contoh dengan memakan makanan tersebut dahulu dan menunggu hingga anak penasaran untuk mencicipi. Saat mereka sudah merasa kenyang, perbolehkan si Kecil untuk menghentikan makan. Libatkan anak dalam pembuatan makanan, sehingga ia merasa dibutuhkan dan penting dalam peran memasak. Anak akan merasa lebih nyaman dengan rutinitas dan jadwal yang bisa ia prediksi, jadi buatlah waktu makan yang teratur.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Jangan lupa juga untuk rutin menimbang berat badannya untuk memastikan bahwa asupan nutrisinya terpenuhi. Jika berat badannya seimbang atau sesuai dengan usianya, ini artinya asupan gizinya masih tercukupi. Libatkan Si Kecil saat mengolah makanan, mulai dari membeli, membersihkan, memasak, hingga menyajikannya di meja makan.

Faktor penyebab anak susah makan lainnya adalah jarak waktu makan yang terlalu dekat. Untuk mengatasinya Anda perlu menentukan jadwal makan anak dalam tempo yang standar. Sebab, anak-anak yang sulit makan justru lebih senang dengan makanan jajanan. Terlebih jajanan yang berwarna-warni dengan rasa yang manis. Selain susu, memberikan jus buah terlalu banyak juga bukan solusi untuk mengatasi anak yang malas makan. Sebab, kandungan nutrisi yang ada pada satu gelas jus tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anak.

Jika anak tidak suka sayur tapi masih suka telur, maka ibu dapat mencampurkan sayur saat membuat telur dadar, sehingga sayurnya tidak terlalu nampak dan anak jadi mau makan. “Meski sering mengganggu dan membuat cemas, kebiasaan susah makan ini tidak perlu dikhawatirkan karena sering dialami oleh setiap anak,” ujarnya. Selain itu, hindari memaksa anak untuk menghabiskan seluruh makanannya, agar tidak terjadi trauma. Orang dewasa sering mengeluhkan tidak nafsu makan ketika tubuhnya sedang tidak sehat, begitu juga dengan anak.

Bunda bisa membiarkannya mengambil makanannya sendiri sehingga Si Kecil bisa merasa lebih nyaman sekaligus juga bisa belajar mengenal tekstur makanan. Selain itu, Bunda sebaiknya menjauhkan Si Kecil dari televisi ataupun mainan ketika jam makan. Hal tersebut bisa membuat Si Kecil jadi kurang berkonsentrasi untuk makan.

Apabila dalam waktu 15 menit belum berhasil, segera saja akhiri makan si anak. Hal lainnya adalah trauma terhadap makanan tertentu seperti kesulitan mengonsumsi makanan sehingga membuat anak dipaksa makan dengan cara dimarahi atau dibentak. Hal ini tentu akan mempengaruhi perkembangan mental anak sehingga untuk selanjutnya mereka tidak akan mau makan dengan cara memberontak. Hal ini ke depannya tentu akan menyulitkan Sobat yang ingin anaknya tetap mau makan. Ajak anak anda terutama ynag balita untuk selalu berkomunikasi.

Setiap orangtua pastinya menginginkan anak-anaknya untuk tumbuh dengan sehat dengan asupan gizi yang cukup. Anak yang sehat inilah akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bahagia. Namun umumnya anak-anak akan tidak luput dari fase sulit makan. Beberapa hal bisa dikatakan menjadi faktor pemicu anak sulit makan, diantaranya trauma dan masalah psikis.

Hal ini sangat untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Jika anak sulit makan, cobalah untuk memberikan makanan dalam porsi kecil. Tidak hanya mencegah anak merasa berlebihan terhadap porsi makan yang Anda beri, tapip porsi yang lebih kecil mencegah makanan terbuang sia-sia. Cara mengatasi anak susah makan yang ketiga adalah dengan jangan menjadwalkan waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini dapat membuat anak yang mengantuk dan gelisah menjadi sulit untuk duduk diam dan makan. Jadi, jangan menjadwalkan waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau terlalu cepat sebelum atau sesudah suatu aktivitas.

Comments are closed.