Nutrisi & Stimulasi Dukung Anak Pintar ? Ini Alasannya

Written by Wiro on July 6, 2020 in Beberapa langkah untuk membuat anak anteng with no comments.

Dalam belajar membaca tentunya akan menemukan perbedaan dalam cara membacanya. Ketika mengajari anak membaca, sebaiknya jangan setengah-setengah agar mereka lebih sempurna mempelajari tata cara membaca yang baik dan benar. Anak usia 4 tahunan biasanya tidak terlalu suka ketika terlalu dipaksa, akan tetapi para orang tua juga jangan menyerah saat anak tidak tertarik dalam belajar membaca.

Menurut Kundu, fokus jangka pendek yang diperlukan untuk membantu meringankan masalah ini adalah memberikan pengasuhan, daripada adopsi penuh. Ada portal nasional untuk adopsi di mana orang yang ingin mengadopsi anak dapat mendaftarkan diri. Pencocokan dilakukan setelah semua pemeriksaan yang diperlukan dilakukan, dan komite kesejahteraan anak negara bagian menyatakan seorang anak “secara hukum bebas untuk diadopsi”. Covid telah menghancurkan keluarga di seluruh India, membuat anak-anak menjadi yatim piatu. Di luar dugaan, antusiasme para pelajar SD itu untuk membahas Pancasila dan pencetusnya, Bung Karno begitu tinggi. Tak hanya Salsabila yang percaya diri membacakan geguritan, sejumlah siswa lain juga begitu semangat tampil dengan kebolehan mereka.

Maka dari itu, coba ciptakan lingkungan yang nyaman buat anak belajar. Kemudian, ciptakan suasana sunyi dengan mematikan TV, HP, bahkan laptop. “Bisa jadi anak enggak tertarik dengan yang dia lakukan. Mungkin juga anak ingin bisa belajar fokus tapi dia enggak bisa mengelola atau mengatur fokusnya,” tambah Cunningham. Bukan malah menuntut anak untuk mampu A, B, C sementara kita sebagai orangtua belum tentu mampu memberikan yang terbaik untuk perkembangan mereka.

Namun berbagai tantangan zaman yang kian dinamis sering kali membuat para guru dan murid harus sama-sama berubah untuk mendapatkan metode yang terbaik untuk seluruh proses pembelajaran. Tujuannya tentu sudah jelas, yaitu untuk memastikan agar seluruh murid memahami apa yang diajarkan oleh para guru. Untuk metode yang digunakan, para guru menyesuaikan dengan kebutuhan kelas yang diampu. Selebihnya para guru harus juga mempertimbangkan apa saja yang dibutuhkan oleh para murid dari setiap level pendidikan. Tentu setiap stage mensyaratkan metode dan pendekatan yang berbeda supaya murid dapat memahami seluruh materi yang diberikan. Bagi guru yang mengampu murid dengan degree pendidikan lebih rendah, tuntutan untuk selalu mengembangkan metode mengajar yang menyenangkan supaya para murid tidak merasa bosan selama proses pembelajaran.

Dengan begitu, anak akan mendapatkan perkembangan sisi psikologis yang cukup seimbang dengan sisi akademisnya. Beri motivasi pada anak ketika menemui kegagalan, berikan metode belajar yang menyenangkan. Beri hadiah atas pencapaian kecilnya, evaluasi metode belajar, dan jangan lupa untuk terus jadi pendukung utamanya dalam hal apa pun. Justru saat kita merasa keliru memilih metode belajar untuk anak, di sana kita juga belajar atas kesalahan yang dibuat. Pemerintah negara bagian telah mulai meningkatkan upaya untuk merawat anak yatim piatu karena pandemi di India, tetapi para ahli mengatakan masih banyak yang harus dilakukan.

Membuat anak mudah mengerti

Di dalam buku kumpulan rumus itu, kamu bisa menulis rumus-rumus dengan kekreativitasanmu. Mau kamu berikan gambar agar kamu hafal, mau kamu tulis dalam berbagai warna dan sebagainya, semua terserah kekreativitasanmu. Tapi, tulislah rumus tersebut dengan rapi, ya, sehingga kalau kamu membutuhkannya, kamu nggak kesulitan membaca atau menemukannya. Kalau kamu sudah paham, nih, bagaimana konsep dari suatu rumus, coba tulislah rumus tersebut di buku tulismu. Tetapi, dibalik orang-orang yang suka matematika, pasti ada banyak juga orang yang nggak suka matematika. Mereka nggak suka matematika karena menurut mereka matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti.

Bujuklah anak pelan-pelan hingga anak memiliki keinginan sendiri dalam bekajar membaca. Biasanya anak TK akan lebih mudah dibujuk agar mau diajari untuk membaca. Meski sebenarnya mudah, mengajarkan Si Kecil membaca tak boleh sembarangan, lho, Bunda. Dari berbagai cara tadi, Bunda tetap perlu mencoba dan memilih mana yang lebih disukai Si Kecil. Jangan pernah memaksakan anak untuk belajar membaca jika ia sedang tidak mau.

Menurut Psikolog Keluarga Nessi Purnomo, M.Si., Psikolog, baik pukulan atau bentakan sebaiknya dihindari dalam upaya melatih anak menjadi disiplin. Menurut Nessi, kekerasan seperti pukulan atau bentakan memang bisa menghentikan anak dari perilaku yang dianggap buruk oleh orang tua dalam waktu sekejap, tapi tidak akan membuat anak belajar apa-apa. Di samping itu, ia melihat ada ekspresi orang tua yang tidak menyenangkan.

Untuk membedakan dengan orangtua yang otoriter, berikan peringatan awal ketika anak berperilaku buruk. Barulah kemudian jika anak kembali mengulanginya, bisa diikuti dengan tindakan sebagai konsekuensi. Validasi emosi bukan berarti membiarkan anak memegang kendali atas keputusan-keputusan besar dalam keluarga. Boleh menanyakan perasaan mereka, tapi bedakan dengan meminta izin terkait keputusan besar.

Anak pun akan dengan mudah membaca buku atau apa pun dengan mengetahui kedua jenis huruf. Anak akan terbiasa dengan semua huruf dalam 2 bentuk, kecil dan kapital. Apapun metode belajar yang diterapkan, jika tidak dibarengi dengan perhatian orang tua, metode tersebut tidak akan efektif. Prinsip ini penting diterapkan sejak kecil agar karakter yang dimiliki anak juga baik.

Comments are closed.