Puasa Melatih Kesabaran Oleh Drs Herli Rakhman

Written by Wiro on October 20, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Ketimbang harus marah-marah di depan anak, belajarlah untuk selalu melihat sifat positif yang dimiliki anak-anak. Cara satu ini penting untuk dilakukan karena dapat membantu melatih kesabaran ortu dan juga mengapresiasikan keunikan yang dimiliki anak. Jadilah panutan bagi anak;mengajar anak-anak agar lebih sabar dapat dilakukan dengan memberi contoh pada mereka. Agar anak semakin terlatih untuk bersabar, orang tua bisa lebih sering mengajak mereka bertemu dengan teman-teman sebayanya. Ini penting agar saat berinteraksi dengan teman sebayanya, anak menemui banyak momen yang akhirnya melatih mereka untuk bersabar. Bersyukur adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan dalam hidup.

Nah, ketika Moms melakukan cara-cara ini untuk melatih anak bersabar, jangan lupa Moms juga harus punya komitmen pada anak sesuai yang Moms ucapkan. Misalnya saat Moms minta anak menyelesaikan mainannya sebelum memberi susu, berarti Moms harus menepati janji tersebut setelah anak menyelesaikan tugasnya. Jika nggak ditepati, anak akan merasa dibohongi dan ini sangat nggak baik bagi perkembangan mental dan emosinya. Hal ini juga bisa melukai kepercayaan anak pada orang tua. Tidak perlu menunggu masuk usia tamyiz mengajarkan kesabaran pada anak.

Melatih kesabaran pada anak

Semua ingin selalu mendahului dan berada di posisi depan. Sedangkan untuk anak usia dini membutuhkan stimulus yang tepat, tentunya dengan metode yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Melalui pembiasaan yang berulang-ulanh dapat menjadikan anak tersebut terbiasa dengan kegiatan itu. Maka tepatlah bila usia dini dikatakan sebagai usia emas, dimana anak dapat berpotensi mempelajari banyak hal dengan cepat.

Ibunda Wirdiyan Ratna menceritakan, untuk melatih putranya menjadi penyanyi solo vokal seperti sekarang ini bukan pekerjaan yang mudah. Item favorit nih, dulu 11 tahun yang lalu saya melihat item ini. Karena membutuhkan kesabaran dan ketelaten dalam menggarapnya. banyak yang saya ubah dan tambahkan untuk menyempurnakannya. Siapa lagi kalo bukan OBOS KUKUN, orang yang sabar dan lucu namun sangat piawai dalam membuat mainan kayu.

Contohnya, “Apa ya, yang sebaiknya kita lakukan sambil menunggu? ” Dengan menawarkan berbagai pilihan, si kecil akan terbiasa mencari kegiatan saat ia harus menunggu. Sekarang kita diminta untuk bersabar tetap berdiam di rumah, Social Distancing, menjaga jarak dari orang lain agar tidak terkena wabah virus corona Covid-19.

Waktu berjalan ke depan, apa yang terjadi saat ini tidak akan pernah bisa terulang di masa depan. Jika kita menggores hati mereka dengan perilaku tidak baik, itu akan membekas lama. Sebaliknya jika kita mensyukuri kebaikan mereka, mereka akan merasa senang. Jangan sampai kita menyesal ketika mereka telah beranjak dewasa. Di dunia yang serba cepat sekarang ini, seringkali kita memiliki ekspektasi bahwa semuanya harus bergerak dalam ritme yang sesuai dengan keinginan. Sehingga saat sesuatu berjalan lebih lambat dari yang seharusnya, kita menjadi tidak sabaran.

Selain itu, orang tua tidak boleh menggunakan uang tabungan anak demi menjaga kepercayaannya. Mengajak Si Kecil bercocok tanam juga bisa melatih kesabarannya, Moms. Si Kecil bisa ikut menanam, memupuk dan merawat tanaman hingga berbunga atau panen.

Kesabaran orangtua dalam mengasuh anak memang sangat diperlukan. Anda harus mampu mengendalikan diri, dan mengelola emosi dengan baik. Jika anak memiliki masalah medis, emosional atau perilaku tertentu, anda harus ekstra sabar dalam mengasuhnya. Akan tetapi, terkadang anda juga mungkin merasa lelah, meski harus tetap menjalaninya. Tentu saja rasa lelah tersebut dapat menimbulkan parenting stres.

Comments are closed.