Suka Marah

Written by Wiro on October 13, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Jangan takut menegur karena jika sekali dibiarakan anak akan terlewat batas. Saat anak Anda meninggikan intonasi suara, Parents harus tarik napas dalam terlebih dahulu, ya. Namun jangan pula mendiamkannya, karena nanti akan menjadi kebiasaan. Tetap jaga intonasi, katakan dengan tegas bahwa Anda tidak menyukai kata-kata juga nada bicaranya. Sabar dulu, ya, Parents, mungkin saja ia sedang terpengaruh dari gaya bicara orang sekitar atau karena ia lagi frustasi.

Menciptakan perilaku yang sama pada anak di masa depan.Mengutip Child Development Journal, anak yang terlalu sering dibentak akan tumbuh menjadi orang yang lebih agresif secara fisik maupun verbal. Sebabnya, sedari kecil, anak telah terbiasa melihat perilaku kasar baik secara fisik maupun verbal dari orangtua sebagai bentuk penyelesaian masalah. Jika bentakan diikuti dengan kata-kata yang menyakitkan atau menghina, anak akan kehilangan kepercayaan diri dan hidup dalam kegelisahan.

Untuk bisa mewujudkan pernikahan yang saadah mawadah warohmah baik istri maupun suami memiliki kewajibannya masing-masing. Islam memiliki pandangan tersendiri tentang bagaimana sebenarnya keluarga sakinah dalam Islam itu. Seorang istri menjadi istri yang salehah menjadi impian dan juga kewajiban yang harus dilakukan. Ada berbagai cara untuk bisa menjadi istri yang salehah diantaranya adalah seperti berikut ini. Oleh karena itu, perlu seni tersendiri untuk “memarahi” anak agar tak sampai menyakitinya secara psikis dan merenggangkan ikatan emosional dengan orang tua.

Sehingga anak akan berpikir untuk memecahkan masalah dengan emosi. Tak hanya itu, memberikan hukuman fisik juga akan membuat orang tua seakan ‘ketagihan’ untuk memberi si hukuman di kemudian hari. Mata rantai ini sulit untuk diputus jika sudah terlanjur terjadi. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari melampiaskan kekesalan pada anak dalam bentuk teriakan, terlebih hukuman fisik. Anak membutuhkan kesabaran, ketelatenan, serta kasih sayang dari orang tua. Terlepas dari seberapa berat beban hidup yang harus dipikul orang tua, tidak seharusnya menjadikan anak-anak sebagai ‘korban’ pelampiasan.

Orangtua dapat berbicara tentang bagaimana mereka mematikan pemberitahuan guna menghentikan kebiasaan itu. Orangtua bisa menunjukkan cara agar tidak terpaku dengan ponsel mereka. “Respon intermiten itulah yang membuatnya begitu membentuk kebiasaan,” kata direktur pendidikan MediaSmarts Matthew Johnson sebagaimana dilansir Todaysparent. Menyuruh anak berpisah dengan ponsel sama sulitnya dengan meminta orangtua tidak mengangkat telepon. Survei yang dilakukan Common Sense Media di Amerika Serikat, 47% orangtua di AS berpikir anak mereka kecanduan perangkat seluler.

Berbicara dengan anak tanpa membentak

Biasanya, orangtua memberi nasihat dan meminta anak untuk mendengarkannya. Tapi sebaliknya, bila saat ini orang tua yang diberi nasihat mungkin takkan berjalan dengan semestinya. Terkadang sulit bagi beberapa lansia untuk menerima nasihat atau saran dari anaknya.

Allah selalu menuntun setiap orang dalam berdoa, karena Dia Maha Segalanya yang dapat membalas jasa kedua orang tua, bukan manusianya,” tutup Anhar. Suami adalah imam keluarga yang menjadi pemimpin dan orang yang harus diikuti oleh keluraganya termasuk oleh istrinya. Bagi istri wajib hukumnya untuk mengikuti apa yang diinginkan dan diperintahkan oleh suami. Untuk bisa menjadi istri yang salehah selalu bersyukur dan berterimakasih akan apa yang diberikan oleh suami. Meskipun yang diberikan terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sebagai istri harus pandai-pandai untuk bersyukur. Hal ini juga akan membawa keluarga dalam sebuah keluarga harmonis menurut Islam.

Terkadang anak bersikap buruk karena mereka bosan atau tidak acquainted dengan lingkungan. Ajak anak melakukan aktivitas, apabila memungkinkan libatkan hal-hal di sekitar mereka. Jika sebelumnya dari mulai persiapan pernikahan dalam Islamsaja selalu ingin tampil cantik dan selalu merias diri kenapa setelah sudah sah menjadi suami istri tidak dilakukan. “Jika suami mengajak istrinya berhubungan lalu istrinya menolak , lalu suaminya marah, maka istri itu dilaknat oleh malaikat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Comments are closed.