Tips Agar Si Kecil Mau Makan Camilan Anak Yang Sehat

Written by Wiro on October 15, 2020 in Agar anak cepat tinggi with no comments.

Stres bisa meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, serta menurunkan semangat untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Hal apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak yang susah makan agar mau makan? Misalnya Vidoran Plus, yang mengandung bahan alami ekstrak curcuma dan lysine yang membantu dan meningkatkan nafsu makan anak. Kebanyakan orang tua memang tidak terlalu peduli dengan waktu makan anak yang disiplin.

Dengan berolahraga, maka detak jantungnya akan meningkat dan lebih sehat. Hal ini akan membantu pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga ia makin nafsu makan. Buatlah jadwal yang tepat untuk anak susah makan agar waktu makan mereka lebih teratur. Hal tersebut agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya dan hidupnya lebih teratur. Menurut Kids Health, camilan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak selain dari menu makanan utama. Sebaiknya, buatkan menu makanan sehat untuk anak yang bervariasi, misalnya dengan membawakan bekal sekolah anak yang menarik.

Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan. Semoga beberapa ideas mengatasi anak susah makan nasi di atas, dapat membantu Bunda untuk memastikan asupan gizinya tercukupi. Dengan begitu, Bunda dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan optimum. Bentuk pola makan teratur sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Meski sesekali si kecil menolak menyantap makanan atau camilan yang Bunda sajikan, ia akan mengerti bahwa setiap hari, pada waktu tertentu, pasti tersedia makanan di meja makan.

Anak-anak lebih lebih tertarik dengan makanan jika mereka ikut membantu persiapannya. Lebih baik lagi, mulai berkebun dan ajari mereka cara menanam dan memanen sendiri. Atau ketika anak tidak mau makan sayur anda bisa mengatakan “kalau rajin makan sayur nanti anak ibu/bapak cepat besar dan jadi anak yang sehat dan pintar.

Si Kecil belum sepenuhnya mampu mengunyah sampai mereka berusia 4 tahun, jadi berikanlah makanan dalam bentuk kecil dan mudah dikunyah. Selama anak masih bertumbuh dalam kurva pertumbuhan yang stabil sejak lahir, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Tidak makan menu dengan nasi, lauk, serta sayur setiap hari bukan berarti tidak mendapatkan nutrisi. Ganti dengan alternatif snack sehat sehingga kebutuhan nutrisi mereka tetap terpenuhi. Cara mengatasi anak 1 tahun susah makan lain adalah mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan memasak atau menyiapkan makanan.

Kondisi inilah sebenarnya yang membuat anak jadi menolak tawaran makan, karena perut mereka sudah penuh. Selanjutnya usia 9-12 bulan, mengalami penambahan porsi makan, yaitu dari 125 ml menjadi ¾ mangkuk. Sementara untuk bayi di atas 12 bulan, porsi makannya dimulai 2/3 sampai ke 1 mangkuk. Mustahil rasanya memprediksi atau berharap anak untuk makan tanpa melewati susah makan. Bahkan, anak 1 tahun susah makan adalah salah satu fase yang hampir pasti dialami setiap orangtua.

Cara agar anak mau makan banyak

Jika selama ini Anda terbiasa dengan memberikan anak makan dengan tampilan biasa, kini coba cara lain untuk menyajikan makanan. Dengan begitu, anak akan lebih merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Hal ini membuat porsi makannya lebih pas saat waktu makan tiba. Tindakan tersebut seolah menjadi bentuk pertahanan bagi dirinya dalam memilah makanan, meski sebenarnya yang Anda sajikan yakni makanan sehat untuk anak. Buatlah jadwal makan yang tetap, yaitu three kali waktu makan utama dan 2 kali makan camilan setiap hari, serta batasi waktu sekitar 30 menit untuk setiap waktu makan.

Comments are closed.